Thursday, November 12, 2015

Awas, Alas Kandang Hamster untuk Flavor (Perasa)!

Bagi Anda yang saat ini masih menggunakan zat perasa sintetis pada resep makanan dan minuman, bisa jadi flavor atau perasa yang ditambahkan terbuat dari serbuk kayu atau wood pulp! Mahalnya harga rempah-rempah yang dijadikan bahan perasa alami menyebabkan banyak penelitian untuk menciptakan flavor alternatif dengan biaya lebih murah dan aroma jauh memikat. Diantaranya perasa dari serbuk gergaji kayu yang biasa dijadikan alas kandang hamster! 

Terdapat kandungan lignin dan selulosa pada serbuk kayu yang bila diekstraksi dapat menjadi perasa makanan tak ubahnya aroma rempah-rempah, dan aroma vanilla adalah satu dari sekian banyak perasa yang bisa dibuat dari serbuk kayu ataupun bubur kertas sebagai limbah yang banyak belum termanfaatkan tersebut. Limbah gergaji kayu berupa serbuk yang diketahui bermanfaat juga sebagai bahan cangkang sosis dan krimer es krim sebagaimana berita pada The Wall Street Journal. 


Lignin yang selain terdapat pada serbuk kayu juga sebenarnya ada pada bahan makanan alami lainnya seperti kentang, wortel dan akar sayuran di mana lignin bermanfaat untuk kesehatan. Namun lignin pada serbuk kayu yang masih jadi perdebatan apabila dijadikan bahan perasa alternatif pada makanan dan minuman. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) yang belum memiliki aturan seberapa banyak selulosa boleh digunakan sebagai bahan zat perasa, sebagaimana penjelasan John Douillard dikutip dari situs LifeSpa.

,

Pastinya para pelaku industri makanan dan minuman yang dapat melakukan penghematan dengan adanya pemanfaatan lignin dan selulosa pada serbuk kayu sebagai bahan flavor atau perasa. Penjelasan lain yang didapat dari Calton Nutrition, selulosa pada serbuk kayu sebagai zat perasa makanan yang dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh manusia, walaupun kembali jika belum ada batasan pada jumlah selulosa yang dapat digunakan dalam produk makanan dimaksud untuk konsumsi manusia. Selulosa serbuk kayu yang umum digunakan dalam makanan olahan memiliki keunggulan  rendah lemak dan serat tinggi sehingga banyak digunakan pada produk seperti es krim, roti, pancake, pizza, sirup hingga keju.