Wednesday, October 21, 2015

Es Krim Vanilla, Antasid Alami Atasi Heartburn

Bersumber dari The Health Site, anjuran dokter Veena Zaveri, ahli Genakologi dan Laparoskopi pada rumah sakit Kohinoor di Mumbai India, es krim rasa vanilla yang ternyata sangat baik dikonsumsi selepas makan guna mengatasi terjadinya heartburn atau naiknya asam lambung khususnya pada ibu hamil. Flavor vanilla sebagai antasid untuk mengurangi tingkat keasaman pada lambung.  

Anjuran lainnya dari dokter Veena Zaveri, pastikan betul es krim vanilla yang dikonsumsi terbuat dari flavor ekstrak vanilla alami dan bukan flavor vanilla sintetis sebagaimana dijual kebanyakan. Bahkan jauh lebih baik jika es krim vanilla yang dikonsumsi adalah resep rumahan atau es krim buatan sendiri dengan vanilla beans alami.

Mengenal apa itu gangguan heartburn yang biasanya sering terjadi pada ibu hamil, dalam bahasa sederhana, heartburn yang diketahui sebagai suatu kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga penderita heartburn akan merasakan rasa panas pada bagian dada bahkan hingga sampai ulu hati.

Pada wanita yang sedang hamil dengan kondisi rahim yang semakin besar, heartburn terjadi disebabkan makanan yang sudah berada dalam lambung terdesak ke arah kerongkongan. Akibatnya adalah timbul iritas pada dinding kerongkongan karena makanan sudah bercampur dengan asam lambung yang bersifat asam.

Anjuran yang sama pada situs Natural Heartburn Treatments, beberapa dokter yang juga menyarankan untuk mengkonsumsi es krim vanilla guna mengatasi heartburn. Sebenarnya bukan hanya es krim flavor vanilla yang dianjurkan untuk mengatasi heartburn, demikian juga dengan es krim rasa strawberry namun tidak termasuk es krim cokelat.  

Beberapa tips lainnya guna mengatasi gangguan heartburn, hindari konsumsi makanan berlemak ataupun yang berbumbu tajam, makanan asam, makanan pedas kemudian minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman yang mengandung soda. Tinggalkan kebiasaan buruk yaitu berbaring selepas makan, ada baiknya menunggu antara 2 hingga 3 jam hingga makanan tercerna sempurna. Tidak kalah penting yaitu perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan diantaranya buah pepaya serta hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat.