Wednesday, November 25, 2015

Warna Cabe Bolivia Seperti Lampu Hias

Bukan cabe-cabean, cabai Bolivia ini adalah cabai sungguhan yang tidak hanya saja terasa pedas bila dimakan tetapi juga akan indah saat dipandang, yaitu manakala buah cabai mulai bermunculan pada pohonnya dengan aneka warna menyerupai bola lampu hias yang menyala. Bolivian Rainbow Chili atau yang biasa disebut cabai pelangi dari Bolivia.

Cabai pelangi Bolivia yang sudah sejak ratusan tahun lalu dikenal sebagai varietas cabai unggulan, ini disebabkan cabai Bolivia yang dapat berbuah sepanjang tahun dan bisa dibudidayakan dalam ruang sebagai tanaman hias. Tidak kalah menariknya, cabai Bolivia yang akan memunculkan warna ungu, kuning, oranye dan merah pada pohonnya manakala mulai berbuah.


Keunikan warna pada tanaman cabai pelangi Bolivia, saat buah cabai pertamakali muncul maka warnanya adalah ungu, kemudian seiring dengan tingkat kematangan yang tidak serempak maka buah cabai akan berubah warna menjadi kuning pada pohonnya, selanjutnya menjadi warna oranye dan berubah merah menandakan buah cabai siap untuk dipetik. Capsicum annuum longum, nama latin dari tanaman cabai pelangi Bolivia yang memiliki tingkat kepedasan lumayan, rasa pedas pada aneka resep masakan pun dapat tercipta dari cabai pelangi Bolivia. Pengetahuan dari Chili Pepper Madness, cabai pelangi Bolovia diantaranya untuk rasa pedas pada resep salad ataupun acar.     


Tanaman cabai pelangi Bolivia yang diketahui memiliki adaptasi tumbuh tinggi dan sukar untuk mati sehingga mendapat sebutan lain yaitu tanaman cabai abadi, olehkarenanya kreasi tanaman cabai Bolivia berupa bonsai yang banyak dibuat oleh para pecinta tanaman hias untuk varietas cabai ini, Bonchi atau Bonsai Chiles. Tanaman cabai pelangi Bolivia yang kini tengah menjadi tanaman bonsai hias populer di Amerika Serikat. Baca juga tulisan tanaman hias dan bonsai unik lainnya,

Berawal dari penyemaian biji cabai pelangi yang kemudian dapat dipindah ke dalam pot sebagai media tanaman hias bonsai, sebagaimana pengetahuan yang didapat dari Fatalii Growing Guide tentang bonsai cabai pelangi Bolivia, tinggi tanaman cabai Bolivia yang dapat mencapai 4 meter hanya dalam waktu kurang dari 1 (satu) tahun! Tanaman cabai pelangi Bolivia yang bisa dikembangkan dalam media pot berupa hiasan bonsai, hingga penanaman cabai pelangi Bolivia dengan cara hidroponik di pekarangan rumah yang sempit.